Rabu, 03 Juli 2013

Culture Tour: Gyeongbokgung, Deoksugung, Bukcheon Village

Sebenernya istana di Seoul sendiri ada 5 biji, Gyeongbok, Changgyeong, Deoksu, Changdok sama Gyeonghee. Kita cuma sempet ke 2 doang, Gyeongbok sama Deoksu

Gyeongbokgung

Istana ini katanya paling gede di Seoul, dan memang bagus menurut gue sendiri. Kita kesini pake busway dari Itaewon abis belanja ke Stasiun Gyeongbokgung Exit 5. Sampe-sampe di mulut keluar subway, kita disambut sama mba-mba, nawarin jasa guide pake bahasa inggris gratis. Ya kita iya-iya aja, gretong siapa yang ngga mau?

Udah gitu dipanggilah salah satu anak dari sana. Kenalan segala macem, diketahuilah namanya Amy. Lalu karena dia tingginya setinggi gue dan Mee akhirnya kita mengira bahwa dia sudah kuliah, atau paling muda SMA lah ya. Ternyata usut punya usut Amy itu..............baru lulus SD! Anak disana makan apa sih? -.- Dan dia bilang dia pengen lebih tinggi lagi dari ini =A=

Dari awal beli tiket, kita udah dibeliin sama Amy. Pas mau masuk gitu Amy nawarin, mau liat upacara (sesuatu) lupa upacara apa namanya dulu ngga, soalnya bentar lagi mau mulai, kira-kira 20 menit lagi. Karena kita buru-buru akhirnya kita memutuskan untuk ngga liat upacara (sesuatu) tersebut.

Tiket Gyeongbokgung

Mulai masuk si Amy sudah menjelaskan kenapa ada jembatan di awal masuk istana, terus kenapa ada patung berbentuk (sesuatu) dan bernama (sesuatu) itu. Terus kenapa lantainya bentuknya seperti itu dan lain-lain, pokoknya semua sisi bangunannya itu punya arti tersendiri.

Selanjutnya kita masuk ke Istana Utama, disini tempat biasanya kalo di drama-drama si Raja rapat sama Mentri-Mentri itu. Kita ngga boleh masuk ke dalemnya, jadi cuma foto-foto didepannya doang. Kita diajak ke samping buat liat hiasan diatas atapnya itu, hiasan ini kalo diliat dari depan ngga akan keliatan katanya, emang yee kekuatan guide, 혹시 에미다~!

Istana Utama

Hiasan di Istana Utama
terus diajak ke kamarnya Raja sama Ratu, kamar Ratu itu belakangnya ada tamannya. Soalnya katanya si Ratu itu dulu setres soalnya disuruh melahirkan bibit yang unggul biar penerus bangsa itu bagus juga, kalo ngga nanti si Ratu bisa diusir dari Istana. Terus sekalinya masuk istana, Ratu itu ngga bisa keluar. Jadi untuk mengatasi setres tersebut banyak ornamen-ornamen yang bagus di kamarnya Ratu.

Kamar Raja

Taman Belakang Istana Ratu

Terus diajak kemana lagi lupa, pokoknya yang gue inget ada tempat belajar si Raja. Tempat belajarnya ada 2, yang satu kalo lagi Winter sama lagi nggak Winter. Kalo lagi Winter dibawahnya itu dikasih tungku biar anget. Diajak lagi ke tempat penyimpanan kimchi, gachang, doejang dan gochujang. Jadi semua itu difermentasi di pot gede gitu, dan katanya itu ada beneran isinya.



Terus pindah ke (sesuatu), air danaunya jerniiiihhh~~


Udah dari sini kita pisah sama Amy, kita diminta nilai gimana skill guidenya dia. Udah gitu dia minta foto bareng, terus kita ditawarin mau foto pake kamera kalian ngga? Terus Mee sung jawab NGGA, soalnya dia kebelet pipis -.-

btw, kalo Amy baca ini, tolong kirimin foto kita yang kemaren lol

Terus kita jalan-jalan sendiri nemu taman kayak gini


dan kayaknya masih banyak sisi-sisi lain dari Gyeongbokgung yang belom keubek, sayangnya kaki ngga kuat.

Deoksugung

Deoksugung kalo dari luar ngga berasa istananya kaya Gyeongbokgung, soalnya Deoksugung ada di tengah kota. Terus ukurannya juga lebih kecil, masuknya juga murah banget fufufu~

Tiket Deoksugung

Di Deoksugung juga ngga ada guidenya kayak di Gyeongbokgung. Ngga tau karena bukan waktunya si guide untuk keluar atau emang beneran ngga ada. Tapi si Deoksugung ini lebih sepi, jadi kalo mau foto-foto bener-bener ngga ada seliweran orang yang ngganggu.

Istana-istananya hampir sama sih kayak Gyeongbokgung, ada Main Palace, kamar Raja Ratu, Tempat Belajar, Pavilion dan lain-lain.


Kamar Raja

Tempat Belajar Raja

Main Palace

Yang bikin beda itu, museumnya lebih besar. Terus Belakangnya juga ada semacem taman gitu, dan lebih besar daripada punya Gyeongbokgung.

Taman Belakang


Museum Deoksugung



Taman Depan Museum

Bukcheon Village

Bukcheon ini semacem komplek rumah gitu isinya rumah-rumah hanok alias rumah-rumah kuno. Komplek rumah-rumahnya bersih, keliatan elit, cuma kesan rumah kunonya ngga ilang. Tapi jalannya nanjak parah!





Rumah-rumah ini kebanyakan rumah-rumah para biksu gitu, dan kebanyakan rumah-rumah ini juga buat rumah ibadah.



Terus disini juga banyak dibuka macem-macem rumah buat workshop, kayak workshop melukis, workshop bikin kerajinan-kerajinan, dll. Cuma masuknya bayar. Yang gratis ya cuma rumah yang kita masukin, rumah yang nyimpen fermentasi alkohol buat minum.

Alkohol fermentasi
 How to Go to:

  • Gyeongbokgung: Gyeongbokgung Subway (Line 3) Exit 5
  • Deoksugung: City Hall Subway (Line 1 or 2) Exit 1
  • Bukcheon Village: Anguk Station (Line 3) Exit 2

Admission Fee:

  • Gyeongbokgung: W 3000
  • Deoksugung: W 1000
  • Bukcheon Village: Free

Suggestion:

  • Ke Museumnya, kalo ngga salah sih gratis
  • Siang menuju sore ke sananya jadi bisa liat upacara-upacara adatnya

Comments:

Free Blog Template by June Lily