Selasa, 23 Juni 2009

korban UAN

sebelum vie tidur, takutnya keburu lupa..
pengen nyampah tentang UAN!

ga ngerti vie kenapa mesti ada uan? kayanya rata2 yang lain juga mikir gitu sih..
kenapa coba hasil kita belajar cuma ditentukan dengan beberapa hari doang? emangnya dalam beberapa hari itu bisa diliat hasil blajar kita selama 3 taun? ngga kan? bisa aja pas lagi ujian kita sakit terus ga bisa ikut ujian dengan baik.. deshou??

bener kata wakasek vie,
UAN = GENGSI SEKOLAH
sekarang sekolah2 melakukan kecurangan2 biar siswa/siswinya lulus.. apa aja deh dipake, mulai dari memperbolehkan siswa buat nyontek yang tadinya kalo ulangan umum aja ketat banget, sampe dikasih tau jawabannya sama si guru.. waw~ segitunya yah?

kalo ga sekolah yang bertindak, anak2nya yang bertindak.. nyari jawaban sana sinilah, lirik kanan kiri lah inilah itulah.. semuanya deh dilakukan buat lulus.. sampe ada yang  beli soal yang harga satu soal tuh 1juta yah?? WAAW~ gila kan? UAN SMA tuh 6 pelajaran, tiap pelajaran rata2 45 soal lah.. jadi 45x6x1juta= 270 JUTA??? vie mending beli rumah di bandung ga usah ngekos dah..

terus nasib mereka yang jujur?
banyak yang gugur.. banyak yang jadi korban UAN gara2 jujur.. aneh ya, orang yang bener ko malah jadi korban sih?
jangan jauh2 deh.. temen vie-ga seSMA sih cuma yaa dia termasuk temen lah walopun vie deketnya sama sodaranya-ga lulus gara2 jujur.. dia ngerjain sendiri loh, satupun ga ada yang nyontek.. terus anaknya baik pula, soleh, anak rohis bu.. aktif dimana2.. beda sama temen vie yang satu lagi, jarang sekolah, kalo diitung2 sekolah cuma sebulan kuranglah setaun, dia LULUS dengan nilai 47 koma sekian.. termasuk gede kan ya? walopun emang paling kecil di kelas sih..
vie ga maksud membandingkan, cuma inilah realita yang ada.. anak baik yang setiap hari sekolah, soleh, belajar terus, UNnya ga nyontek dia ga lulus, sedangkan anak yang jarang sekolah lulus dengan nilai yang gede? adil ga sih itu?

terus ada lagi.. anak SMP swasta di kotanya vie, dia inggrisnya 10, IPAnya 9 koma sekian, tapi matematikanya 2.. ga lulus kan yah?
kasian kan... nilai yang lainnya tuh gede, cuma matematikanya aja yang jeblok.. dan vie percaya, dia kerja sendiri.. yah walopun ga sendiri, ga akan separah anak2 sekolah *tiiiiiiit* rata2 sekolah *toooooooot* di kota vie parah2 kerjanya..

sebenernya adenya vie dan saya sendiri pun bgitu juga seorang korban uan sih.. dia nemnya lumayan jeblok kl dibandingin sama temen2 seangkatannya dari SMP lain, tapi karna dia masuknya SMA swasta jadi bebas nilai UAN..

beda sama anak SMP yang kalo masuk SMA masih pake DANUN..
temen vie yang satu lagi, yang skrng mau masuk SMA stressnya luar biasa soalnya diprediksi ga bakal masuk SMA yang dia pengen.. dia ngerjain sendiri pula.. well walopun ngakunya matematik masih ngerjain pake kalku dan itu pun cuma dikit vie yang sampe miriiis banget ngedengerin ceritanya yang dikalahin sama anak yang kalo hari2 biasa2 aja, pas uan nilainya lebih gede dari dia.. dia sampe nangis2 ga berenti walopun vie berusaha mengalihkan dia ke dunia fandom biar kaga stress berkelanjutan.. bingung mau sekolah dimana lagi soalnya dia udah yakin bisa ngelewatin passing gradenya SMA yang dia pengen.. eh taunya pas liat temen2nya yang lebih gede.. sampe skrng vie masih mikirin dia hauuuu~ =3= =3= =3= =3=

sampe kapan sih orang2 DIKNAS mau tutup mata tutup telinga?
UAN tuh bukannya mencerdaskan anak bangsa, yang ada malah PEMBODOHAN MASAL!

STOP UAN SAMPE SINI!
JANGAN SAMPE ADA KORBAN LAGI

vie ga mau denger temen vie ga lulus gara2 jujur lagi..
GAAAAAAAAAAAAAAAAAA~ *lempar2 batu*

sekian tulisan gejeh saya..
sebenernya dari dulu sih mau nulis cuma belum memuncak kaya skrng..
skrng mah udah........ ggggrrrrrrrr!!!! *bejek2 kompie* 
vie bisa ditahan kaya bu prita kaga ya gara2 nulis gini?

vie tutup dengan karoke gejeh saya yang sedang bermellow ria..

Meguri meguru kisetsu no tochuu de
Naniiro no ashita wo egakimasu ka?
Tsuyoku tsuyoku shinjiaeta nara
Naniiro no mirai ga matteimasu ka?

Kasaneatta kokoro no oku ni
Yorokobi to kanashimi nukumori to nikushimi
Bokura ga meguriai wakachiatta hibi wa
Tashikani kono mune ni yakitsuiteiru kara


syalalalalalala~ ♥ ♥ ♥

5 Comments:

Prita mengatakan...

bagus euy opininya...

iya, setuju banget vie, UAN hapuskan aja. biarlah nasib siswa2x mereka sendiri yg menentukan kalau udah lulus, mau kuliah, mau kerja... terserah mereka.

jangan UAN yg menentukan nasib mereka...

kawaiiviechan mengatakan...

iya kan ka prit??
hidup kita bukan buat uan deshou??
kayanya selama ini uan yang ngatur kita.. seperti uan tuh segalanya..
honyoooo~ emang uan itu apaa???

indrinurulaini mengatakan...

susah. suara kita sebagai pelajar ga pernah didengar sama pemerintah.

A Y A mengatakan...

SETUJU SAMA VIE!!!! AKU GA SUKA ADA UAN!
SAYA KORBANNYAAAAAAA!!
*malah curhat* *guling2*

banyak banget kecurangan dan kebocoran ;_; kasian ngeliat yang jujur tapi nemnya kalah sama yang ga jujur

btw vie.. itu lagu, eke denger pas ngambil nem.. X3 makin terpuruk ditanya begitu lols *matiin ashita no kioku*

kawaiiviechan mengatakan...

dakosenpai : nah itu dia susahnya, kita ga pernah didenger.. tp semoga aja tulisan vie kali ini bisa dibaca sama capres terus akhirnya pas jadi presiden, si capresnya nyuruh mendiknas menghapus uan :D *maumu vie*

aya : huaaaaa~ *pelok2 aya*
nah itu dia.. untungnya kamu memilih swasta nak :D *digaplok aya* kasian kan temen kita yang jadi ga bisa masuk SMA fav gara2 dicurangin sama temennya yg kurang dr dia..
hyakakakak~ ga tau..
pas aja beksonnya, pas vie nulis ini pas baca ashita no kioku dimana2 sampe ade vie pun nyanyiin ashita no kioku pas vie nulis ini XD

Free Blog Template by June Lily