Rabu, 20 Oktober 2010

mengajar-diajar-mengajar-mengajar-diajar

diambil dari pikiran vie saat dia tidak mengerti sama sekali apa yang dijelaskan dosen probstat....

pernah ga nyalahin guru/dosen gara2 nilai kita jelek karena beliau-beliau bisa disebut "ga bisa ngajar" ato "ga enak neranginnya" ato "ga ngerti kalo diterangin si ibu/bapak itu"? pasti sering ya... vie juga kok, sampe saat ini pun kadang masih nyalahin dosen kalo lagi ngerjain beberapa soal yg padahal udah pernah diterangin tapi pas dicobain lagi ga bisa. sebenernya ga salah sih, kalo emang ga cuma kamu doang yang ga ngerti diterangin bapak/ibu itu, tapi coba deh balik keadaannya, kalo kamu yang ngajar bakal ngerti ga temen-temen kamu?

setelah diangkat menjadi salah satu asisten di salah satu lab di kampus (walaupun sampe saat ini juga masih berstatus "magang") dan setelah mendapatkan banyak asupan2 tentang MENGAJAR, vie sedikit banyak jadi ngerti gimana SUSAHNYA mengajar. padahal vie sendiri cuma dipersiapkan untuk mengajar paling banyak 7 ORANG, tapi prakteknya susah setengah mati. dari 7 orang itu terdapat 7 kepala yang berbeda, karakter yang berbeda, watak yang berbeda, dan tentu level pengetahuan yang beda juga. ga mungkin vie memperlakukan 7 orang dengan perlakuan yang sama. harus neliti satu2 mereka orangnya seperti apa, kalo udah tau wataknya satu2, mesti diperlakukan beda tapi mesti adil, harus membuat mengerti yang 'kurang' sementara yang 'lebih' ga boleh dibiarin gitu aja, harus mengajak mereka untuk tertarik sama apa yang kita sampaikan dengan cara yang tentunya berbeda pula. terus harus ngerti materi ini tuh tujuannya apa, cara pencapaiannya gimana, timing penyampaian materi sama pemberian tugas juga harus pas, dsb dsb. and really it makes my brain almost explode =.=

dengan kelas yang kondisinya 40 lebih orang didalamnya, berarti ada 40 kepala, 40 pendapat berbeda, 40 watak berbeda sertatektekbengeklainnyadansebagainyadansebagainya. dari yang vie rasain sendiri, ngajar 7 orang doang aja kepala mau pecah apalagi kalo praktikannya tergolong bandel dan lain2 sebagainya, gimana 40?? itu hampir 6x lipat jumlah yg membuat kepala vie hampir pecah, berarti 6x lipat kesetresan, 6x lipat peluang untuk depresi dan 6x lipat pengen jedot2in kepala.

dari salah satu modul yang vie baca

"If teaching were easy, everyone would be doing that"

dan benar adanya! ga semua orang bisa ngajar, karena ngajar itu susah. orang pinter aja blm tentu bisa ngajar. banyak kok dosen vie yang guru besar di salah satu PTN ternama tapi ngajarnya sama sekali ga dimengerti sama mahasiswa.

intinya sih, jangan pernah HANYA menyalahkan guru/dosen kita karena sesuatu yang beliau sampaikan itu ga bisa masuk bahkan nyangkut ke otak kita. karena sekali lagi MENGAJAR ITU SUSAH, apalagi dengan kondisi kelas yang nggak kondusif dan faktor2 lainnya (yang kadang munculnya juga dari diri kita sendiri) yang bisa mengganggu proses belajar mengajar tersebut.

yah sudahlah begitu saja unek2nya hari ini..
kapan2 kalo ada waktu dan ilham disambung lagi
tumben si vie rada guna tulisannya

PAPAAAAAAAAAAAI
SALAM MEONG (?)

Comments:

Free Blog Template by June Lily